-->

Senin, 14 Oktober 2019

Bapemperda Siap Tampung Usulan Perda Dari Masyarakat

Bapemperda Siap Tampung Usulan Perda Dari Masyarakat

DENPASAR,BaliKini.Net -Setelah berganti nama Baleg (Badan Legislasi) menjadi Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), usulan pembentukan Perda baru mulai dibahas. Hal ini terlihat dari rapat pembahasan perdana Bapemperda DPRD Bali bersama Kabag Persidangan DPRD Bali dan Staff Ahli beberapa waktu yang lalu.

Ketua Bapemperda DPRD Bali Ketut Tama Tenaya menyatakan, pihaknya ingin salah satu Alat Kelengkapan Dewan (AKD) tersebut bisa lebih baik dibandingkan dengan Baleg saat masa jabatan 2019-2024 lalu. "Kita ingin lebih produktif dibandingkan sebelumnya," katanya, Senin (14/10).

Menariknya, Tama Tenaya membuka kesempatan bagi masyarakat yang memiliki ide ataupun usulan bisa disampaikan ke Bapemperda DPRD Bali. Dirinya menyadari jika usulan Perda lebih didominasi oleh Eksekutif dan Legislatif. Diharapkan, peran masyarakat semakin aktif dalam membantu pembangunan. "Kita ingin membuka ruang seluas luasnya kepada publik. Mencontoh Jogjakarta, bahkan seorang bisa mengusulkan perda sesuai dengan kondisi yang ada. Kami ingin Bapemperda hidup karena selama ini hanya sebagai pelengkap," akunya.

Sesuai dengan permintaan Gubernur Bali Wayan Koster beberapa waktu yang lalu yakni empat Perda, Bapemperda ingin mewujudkan hal itu. Akan tetapi, dengan waktu yang terbilang mepet, pihaknya menargetkan minimal 2 Raperda bisa rampung dibahas dan disahkan pada Tahun 2019 ini. "Saya minta diawal empat (Raperda), kalau tidak bisa mininal dua dengan gabungan komisi, kalau empat kan masing-masing komisi, harus selesai 3 bulan," katanya.

Sementara itu, Kabag Persidangan DPRD Bali Agung Wikrama menyarankan kepada Bapemperda agar pembahasan bisa dilaksanakan Bulan November mendatang. Pasalnya, DPRD Bali masih akan mengikuti agenda Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Reses. "Kami menyarankan agar Pembahasan Raperda setelah Reses. Sebelum Reses nanti Bimtek dulu pada tanggal 14-17 Oktober. Setelahnya, rencana dijadwalkan penyampaian Ranperda dalam rapat paripurna," pungkasnya. Dp/r2

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved