-->

Rabu, 18 Maret 2020

Amankan Peternak, Distan Gencarkan Spraying

Amankan Peternak, Distan Gencarkan Spraying

Jembrana,BaliKini.Net - Guna mengamankan ternak Babi Jembrana terserang penyakit di tengah maraknya  isu Africant Swine Fever (ASF) atau penyakit demam babi africa, Dinas Pertanian dan Pangan, Rabu(18/3) melaksanakan penyemprotan desinfektan ( spraying) kepada beberapa peternak babi milik petani yang ada di dusun Rangdu desa Pohsanten Kecamatan Mendoyo .

Sebelumnya peternak babi didusun tersebut mengeluhkan ternak babi miliknya mati . Tidak hanya itu, untuk babi milik peternak yang sehat petugas juga memberikan obat desinfektan untuk dilakukan penyemprotan secara swadaya.


Hal itu diungkapkan Kabid Keswan dan Kesmavet pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana, drh. I Wayan Widarsa. "berawal dari keluhan petani akan matinya ternak mereka, kita lakukan spraying pada kandang yang ternak babinya mengalami kematian sekaligus kita cari data perubahan fisik sebelum mengalami kematian. bagi yang ternaknya tidak mengalami kendala kita berikan desinfektan untuk disemprotkan secara mandiri"  ujarnya.

Widarsa juga mengaku, kalau kegiatan yang dilakukannya merupakan upaya preventif dan kedepan peternak bisa lebih proaktif.” spraying itu bukan berarti babi kita(Jembrana) sudah terserang  oleh virus ASF melainkan kita upayakan dengan tindakan preventif. Kedepan kita harapkan para peternak babi kita ini bisa lebih proaktif untuk melaporkan kepada dinas jika ada keluhan terhadap ternak babinya.”pungkasnya


Pelaksanaan spraying babi milik peternak juga mendapatkan perhatian anggota DPRD Jembrana, I Gede Putu Suegar Danacita. Ia mengatakan bahwa pihaknya ikut langsung dalam penyemprotan tersebut sebagai tindak lanjut hasil rapat kerja komisi II dengan dinas pertanian.

 Selain itu, juga  merespon keluhan warga peternak babi di banjar rangdu tersebut. "ke depan kita harap para peternak lebih proaktif melaporkan ke dinas jika ada keluhan pada ternaknya," ujar suegar.(eka/r1).






Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved