-->

Sabtu, 27 November 2021

Wawali Arya Wibawa Buka Indonesia Invetors Day 2021

  Wawali Arya Wibawa Buka Indonesia Invetors Day 2021


BALI KINI ■ Indonesian Invention and Innovation Promotion Association atau disebut INNOPA merupakan asosiasi yang bergerak di bidang pengembangan dan inovasi di Indonesia. INNOPA dibentuk sebagai penghubung untuk para inovator Indonesia dalam menunjukkan ide dan produk inovatif mereka ke tingkat internasional.

Kegiatan ini di buka Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, yang ditandai dengan pemukulan gong, pada Sabtu (27/11) di Ruang Taksu Gedung Dharma Negara Alaya Lumintang.

Wawali Arya Wibawa mengatakan, perkembangan inovasi, Ilmu pengetahuan, dan Teknologi telah menjadi salah satu fokus utama bagi pemerintah Kota Denpasar selama beberapa tahun terakhir. 

"Sejak tahun 2010, pemerintah kota Denpasar telah melaksanakan berbagai program Inovatif untuk memacu kreativitas generasi milenial, dan upaya ini berhasil membuat kota Denpasar menjadi kota paling kreatif dan inovatif di indonesia, dua kali berturut-turut pada tahun 2019 dan tahun 2020," paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap Inovasi dan kreativitas di Denpasar, dibangun pusat kreatifitas generasi muda yang disebut Gedung Dharma Negara Alaya. Tempat ini dibangun untuk meningkatkan Kreativitas dan inovasi masyarakat Denpasar.

Selain itu, Kota Denpasar sebagai ibukota provinsi Bali, sangat tergantung kepada sektor pariwisata. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan sumber daya manusia yang lebih baik untuk mengatasi persaingan global, khususnya di masa pandemik ini, serta tetap membuat kota denpasar mampu berdiri dan bersaing dengan kota kota  lainnya.

Pemerintah Kota Denpasar mendukung segala kegiatan yang positif yang dapat memberdayakan masyarakat Kota Denpasar, khususnya generasi muda untuk menunjukkan kreativitasnya. Kegiatan Indonesia inventors day sejalan dengan visi Pemerintah Kota Denpasar, yaitu "Kota Kreatif Berbasis budaya Menuju Denpasar Maju".

Acara ini, berkolaborasi dengan Innopa diharapkan dapat menjadi platform untuk memperkenalkan produk kreatif lokal, terutama dari usaha mikro, kecil, dan menengah Kota Denpasar.

Sementara President of Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA), Erricha Insan Pratisi mengatakan, Indonesia Inventors Day atau IID adalah ajang tingkat internasional bagi para penemu lokal dan internasional juga ilmuwan riset untuk mempresentasikan hasil penemuannya. 

"Adapun fokus dalam ajang ini adalah pameran dan kompetisi. Para peserta dapat membawa produk akhir, sampel, prototipe atau mock-up untuk dipresentasikan di Indonesia Inventors Day," pungkasnya. (ays/dps).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved