-->

Kamis, 16 Juni 2022

Napi Lapas Tabanan Dapat Layanan Terapi Stres

   Napi Lapas Tabanan Dapat Layanan Terapi Stres


BALIKINI.NET | TABANAN — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tabanan bersinergi bersama Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Udayana (Unud) untuk memberikan layanan “Teh Rina” atau Terapi Stres Narapidana kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Kamis (16/6/2022).
 
“Teh Rina” merupakan inovasi layanan pembinaan kesehatan mental bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Tabanan. Rangkaian kegiatan layanan Teh Rina diawali dengan penyuluhan kesehatan yang diikuti oleh seluruh warga binaan Lapas Tabanan bertempat di Aula Chandra Prabhawa. 

Sebelum memulai penyuluhan, Psikiater dan Tim Residen Psikiatri FK Unud mengajak warga binaan untuk melakukan ice breaking untuk meningkatkan semangat dan fokus WBP dalam menangkap materi yang akan disampaikan.

Psikiater, Dr.dr. Luh Nyoman Alit Aryani, SpKJ(K) menyampaikan dihadapan WBP mengenai materi dampak penyalahgunaan NAPZA. “Terdapat beberapa jenis narkoba yang dapat menyebabkan gangguan jiwa berat bagi penggunanya,” ungkapnya. 

Dalam kegiatan tersebut WBP juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan serta sharing pengalaman kepada Psikiater dan Residen Psikiatri.

Usai kegiatan penyuluhan, rangkaian kegiatan layanan “Teh Rina” kemudian dilanjutkan dengan sesi konseling individu yang diikuti oleh 9 orang WBP menjalani konseling individu. Mereka diberikan kesempatan untuk menyampaikan keluhan yang dialami, sehingga dapat dilakukan upaya penanganan.

Kakanwil Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu mengapresiasi sinergitas antara Lapas Kelas IIB Tabanan dengan Fakulas Kedokteran Universitas Udayana. Dengan adanya Layanan Teh Rina ini diharapkan WBP lebih sabar dalam menjalani masa tahanan di dalam Lapas. 

“Terapi stress bagi WBP atau Layanan Teh Rina ini sangat bermanfaat bagi WBP khususnya dalam menjaga Kesehatan Mental selama menjalani masa tahanan”, ujar Anggiat Napitupulu.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved