-->

Sabtu, 23 Juli 2022

21 Seka, Sanggar, Dan Komunitas Seni Di Kabupaten Karangasem Mendapat Sertifikat dari Provinsi

  21 Seka, Sanggar, Dan Komunitas Seni Di Kabupaten Karangasem Mendapat Sertifikat dari Provinsi


Karangasem, Bali Kini - Dinas Kebudayaan Provinsi Bali telah menetapkan 73 sekaa, sanggar, komunitas, yayasan, perkumpulan seni sebagai penerima sertifikat Parama Patram Budaya Kategori Unggul Tahun 2022. Termasuk didalamnya ada 21 sanggar seni yang berasal dari Kabupaten Karangasem yang akan menerima sertifikat. 

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan Karangasem, I Wayan Astika Sabtu (23/7/2022). "Jadi dengan mendapatkan sertifikat dari Provinsi, nantinya mereka akan layak tampil di Provinsi termasuk mengambil pekerjaan pemerintah dalam kaitannya menampilkan seni," Katanya. Sertifikasi sanggar seni ini diharapkan dapat memudahkan para sanggar seni ini untuk mendapat dukungan kedepannya. 

Sementara, ke 21 sanggar seni yang dimaksud masing-masing ialah dari Kecamatan Karangasem ada Sekaa Genjek Gensos Mahardika yang bertempat di Desa Adat Jasri, Kelurahan Subagan, Sanggar Prabata Sari bertempat di Kelurahan Subagan dan Sekaa Genjek Kadong Iseng, Banjar Dinas Bungkulan, Desa Seraya Barat. 

Selanjutnya, yang dari Kecamatan Bebandem ada Yayasan Selonding Bali, Br. Dinas Pande Sari, Desa Bebandem, Sanggar Seni Waringinsari, Br. Dinas Pengawan, Desa Sibetan, dan Sekaa Gambuh Bajra Jnana, Br. Dinas Triwangsa, Desa Budakeling dan satu komunitas dari Banjar Dinas Pandesari, Desa Bebandem, yakni Komunitas Salonding Bali Aga. 

Sanggar seni yang mendapat sertifikat Provinsi dari  Kecamatan Abang ada Sanggar Seni Candra Dwani, Br. Dinas Besang, Desa Ababi, Sanggar Seni Tari dan Tabuh Kendran, Br. Dinas Lebah, Desa Datah dan Sanggar Budhi Bajrajnana dari Br. Dinas Abang Jeroan, Desa Abang. 

Untuk sanggar seni dari Kecamatan Kubu yakni Sanggar Tresna Asih, Banjar Muntig, Desa Tulamben dan Sekaa Gong Giri Suara, Br. Dinas Eka Adnyana, Desa Tianyar. 

Sementara, dari kecamatan Sidemen ada Sanggar Eka Mandala Putra, Banjar Mijil, Desa Sangkan Gunung dan Sekaa Gender Badjra Santika, Banjar Wanasari asal Desa Talibeng. 

Sanggar seni dari Kecamatan Manggis yakni Sanggar Tari Ngardi Rare Widya Wiguna, Br. Dinas Tauman, Desa Nyuh Tebel, Sanggar Angripta Santi Bhuana, Br. Dinas Kanginan, Desa Pesedahan, dan Sekaa Wayang Kulit Terang Bulan, Desa Sengkidu. 

Lanjut untuk sanggar seni dari Kecamatan Rendang yakni Sekaa Gender Dharma Suara Jayanti, Br. Dinas Bangbang, Desa Rendang dan Sanggar Suar Dwipa, Br. Dinas Teges, Desa Pempatan.

Dan sanggar seni dari Kecamatan Selat yang mendapat sertifikat provinsi ialah  Sanggar Kalangwan dari Br. Dinas Pegubugan dan Sanggar Seni Dwi Pama dari Br. Dinas Pegubugan. ( AMI).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved