-->

Jumat, 29 Juli 2022

TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI

  TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI


Tabanan, Bali Kini - Guna pemerataan pembangunan, peningkatan ekonomi  dan kesejahteraan Masyarakat, TNI AD menggelar TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-114 yang mana salah satunya berlokasi  di wilayah Kodim 1619/Tabanan tepatnya di Banjar Anyar Desa Sangketan Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan. 

TMMD kali ini menyasar pada fisik dan non fisik yang telah mulai digelar di bulan Juli 2022 dengan melibatkan semua unsur terkait TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan komponen bangsa lainnya serta masyarakat.

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Ferry Adianto S.I.P memaparkan kesiapan kepada Pangdam IX/Udayana selaku Pengendali Kegiatan Operasi (PKO) yang diterima Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Harfendi, S.I.P, M.Sc melalui Zoom Meeting Paparan Dansatgas TMMD ke -114 TA. 2022, pada Kamis, (30/6/2022). 

Kegiatan yang diikuti oleh para Dansatgas TMMD ke 114 Jajaran Kodam IX/Udayana tersebut Dandim 1619/Tabanan yang didampingi Kabid PMD Kab. Tabanan I Made Redita , Tim Pengawas PUPR Kab. Tabanan I Nyoman Suyasa dan I Made Susila, Bappeda dan Litbang Kab. Tabanan  I Gusti Ketut Santika dan Pasiter Kodim 1619/Tabanan beserta staf.

Disampaikan jika TMMD ke 114 Kodim 1619/Tabanan dengan sasaran fisik berupa ; Pelebaran badan jalan dari lebar yang  semula 3 meter  menjadi 6 meter dengan panjang  jalan  1.150 meter dilanjutkan  Pengerasan dan betonisasi badan jalan dengan lebar 4 meter dan panjang 1.150 meter, selain itu ditambahkan dengan pembuatan plat beton untuk gorong-gorong dengan lebar 5 meter dan panjang 2,5 meter  dengan  tinggi 2 meter serta  Pembuatan plat beton dengan panjang 3 meter lebar 3 meter  tinggi 3 meter termasuk Pembuatan 3 Ls gorong - gorong yang udah di tentukan titiknya dan Pembuatan senderan dengan titik sasaran yang telah di tentukan, jelas Dandim. 

Selanjutnya untuk sasaran Non fisik, yaitu diantaranya Kesadaran Bela Negara  dan Wawasan Kebangsaan,  radikalisme dan teroris,  Kesadaran masyarakat dalam mewujudkan kamtibmas dan UU lalin dan angkutan jalan, Pengaruh dan bahaya narkoba, kenakalan remaja dan HIV/ AIDS,  Kesadaran dalam keluarga,  peran pemuda hadapi proxy war, Keluatga berencana (KB), Tehnologi pertanian dan perkebunan, Kewirausahaan dan berkembangnya home industri,  penyuluhan bencana alam, pemutaran film perjuangan bangsa, pos yandu serta posbindu dan stunting.

Dandim menyampaikan bahwa Kodim 1619/Tabanan telah menggelar Pra TMMD untuk mempersiapkan pelaksanaan TMMD ke-114 dengan melibatkan personel Kodim 1619/Tabanan bersama-sama dengan masyarakat setempat secara bergantian. "Harapan kami pada saat pelaksanaan TMMD dengan waktu yang relatif terbatas dapat menyelesaikan sasaran dengan capaian 100%. 

Sementara itu, diwaktu terpisah program TMMD  yang dilaksanakan pada Sabtu, (16/7/2022) lalu di warnai guyuran hujan. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat prajurit untuk mensukseskan kegiatan yang dilaksanakan di Banjar Anyar Desa Sangketan Kecamatan Penebel itu. 

Kodim 1619/Tabanan bersama masyarakat dibawah koordinasi Danramil 1619-08/Penebel Kapten Inf I Nyoman Arya Kepakisan dan Perbekel Desa Sangketan tetap mengerjakan pelebaran jalan sepanjang 1.150 meter dan membuat gorong-gorong yang masuk di wilayah Banjar Anyar Desa Sangketan tersebut.

Meski dibawah kucuran hujan, namun pengerjaan TMMD ini tetap mengutamakan kesehatan. “Iya kita lihat sikonlah namun bukan berarti tidak bekerja, karena dalam membantu masyarakat kita konsisten dan full fight”, Ucap Danramil 1619-08/Penebel Kapten Inf I Nyoman Arya Kepakisan. 

Sementara, Perwira Seksi Teritorial Kapten Inf I Made Widiarta seijin Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Ferry Adianto, S.I.P menjelaskan bahwa dari hasil pengerjaan hingga sabtu 16 juli 2022 untuk sasaran Pra TMMD ke 114 ini adalah melanjutkan pembuatan pondasi senderan  Gorong - gorong  dan secara keseluruhan sasaran fisik yang telah dicapai hasil berupa Pelebaran jalan sudah  mencapai 90 %, Membuat Senderan Jembatan ( Plat ) pertama mencapai 50 %, Membuat Senderan jembatan  dan Pengecoran (Plat) ke 2 mencapai 55%, Pembuatan gorong - gorong 2 mencapai 75%, Pembuatan gorong - gorong 3 mencapai 60% dan Pembuatan galian Beton badan jalan kanan kiri  mencapai 8%, jelasnya. (R3)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved