-->

Jumat, 14 Oktober 2022

Tradisi Gebug Ende Seraya Merupakan Sebuah Pertunjukan Rakyat

Tradisi Gebug Ende Seraya Merupakan Sebuah Pertunjukan Rakyat


Karangasem, Bali Kini - Bupati Karangasem I Gede Dana megebug bersama Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali yang menghadiri acara pembukaan Seraya Culture Festival 2022, pada Jumat (14/10/2022) sore. Giat Megebug ini dilaksanakan sebagai tanda jika Seraya Culture Festival 2022 telah resmi dibuka, dilanjutkan dengan pelaksanaan Gebug Ende yang bersifat hiburan oleh para warga setempat. 

Sebelum pelaksanaan Gebug Ende yang bersifat seremonial yang diadakan di Lapangan Ki Kopang, Desa Seraya, Kabupaten Karangasem ini dilaksanakan, telah dilaksanakan terlebih dahulu Gebug Ende yang bersifat sakral di Pura Bale Agung, Desa Adat Seraya. 


Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, I Gede Arya Sugiartha mengatakan jika pelaksanaan tradisi Gebug Ende Seraya merupakan sebuah pertunjukan rakyat yang telah memiliki nilai-nilai kearifan lokal. "Dalam upaya pelestarian kebudayaan Bali, tradisi Gebug seraya yang dirangkaikan Seraya Culture Festival 2022 sebagai upaya menempatkan fungsi kebudayaan Bali yang dijiwai agama Hindu sebagai modal budaya masyarakat Hindu Bali dalam menghadapi berbagai peluang dan tantangan globalisasi seeta membangun landasan yang kokoh bagi semua generasi untuk selalu mencintai seni dan budaya yang dimilikinya, " Ujarnya. 


Sementara itu, Kliang Adat Desa Seraya, I Made Salin mengatakan untuk menjaga kesakralan Tradisi Gebug Seraya dan menjaga pakem asli dari Gebug Ende, baik gerakan maupun tatanan gong pengiringnya, kami dari warga seraya baik pelaku, pecinta, maupun pengamat Tradisi Gebug Seraya ingin melaksanakan tradisi ini dengan pakem dan sesuai waktu yang sebenarnya. (Ami)


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved