-->

Senin, 30 Januari 2023

Bapelitbangda Karangasem Gelar Forum Konsultasi Publik, Terdapat 211 Usulan Program RKPD 2024

 Bapelitbangda Karangasem Gelar Forum Konsultasi Publik, Terdapat 211 Usulan Program RKPD 2024


BALIKINI.NET | KARANGASEM — Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui Bapelitbangda Kabupaten Karangasem melaksanakan kegiatan Forum Konsultasi Publik yakni merupakan wahana untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal penyusunan Rancana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dengan harapan mendapatkan masukan penting yang lebih menitikberatkan pada aspek teknokratis.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Sabha Widya Praja di kantor Dinas Pendidikan Karangasem pada Senin (30/1/2023). Dan diikuti oleh seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Karangasem.

Kepala Bapelitbangda Kabupaten Karangasem, I Nyoman Sutirtayasa mengatakan jika Tema dan Prioritas Pembangunan di tahun 2024 ialah “Penguatan Ekonomi dan Sosial melalui Pembangunan Pertanian yang Tangguh dan Mandiri, Pengembangan SDM yang Handal, Pembangunan Pariwisata dan Budaya, Peningkatan Ketahanan Bencana didukung Infrastruktur yang Memadai.” disertai 7 bidang prioritas pembangunan daerah yang meliputi; Bidang Pangan, Sandang dan Papan, Bidang Kesehatan dan Pendidikan, Bidang Jaminan Sosial dan Ketenagakerjaan, Bidang Adat, Agama, Tradisi, Seni dan Budaya, Bidang Pariwisata Penguatan Insfrastruktur Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik.

Dijelaskan Sutirtayasa jika penyusunan RKPD Semesta Berencana Kabupaten Karangasem Tahun 2024 melalui beberapa tahapan. Salah satunya yakni tahap Rancangan Awal RKPD yang dilaksanakan dari tanggal 2 Januari 2023 sampai dengan Minggu III Maret 2023. Yang dimana dalam tahapan ini ada usulan sebanyak 211 Program, 517 Kegiatan dan 1.841 Sub Kegiatan. 

"Usulan tersebut menggunakan pagu indikatif sebesar Rp. 2.091.733.522.170," katanya. Selanjutnya tahapan tersebut akan berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan hingga pada tahap penetapan RKPD.

Sementara, Wakil Bupati Karangasem dalam sambutannya mengatakan jika penyelenggaraan pemerintahan yang baik diawali dari penyusunan perencanaan pembangunan yang baik dan berkualitas.

"Untuk itu, proses perencanaan menjadi hal yang sangat strategis mengingat konsistensi antara perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan merupakan bagian yang tidak terpisahkan," katanya.

Selanjutnya, pihaknya berharap agar dalam penyusunan RKPD Semesta Berencana Kabupaten Karangasem Tahun 2024 yaitu memperhatikan beberapa hal penting, seperti; Mempedomani Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, mempedomani RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Karangasem Tahun 2021-2026, memperhatikan RPJMD Semesta Berencana Provinsi Tahun 2018-2023, Memperhatikan keselarasan perencanaan pembangunan daerah dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten/Provinsi.

Pihaknya juga berharap adanya sinergi dan penyelarasan Program Prioritas Pembangunan Daerah Tahun 2024 dengan Rencana Pembangunan Daerah Provinsi dan Rencana Pembangunan Nasional.

"Program strategis dan prioritas Perangkat Daerah yang dituangkan dalam Renja Perangkat Daerah agar mampu menjawab permasalahan dan isu strategis pembangunan daerah sebagai bahan penyusunan RKPD Semesta Berencana Kabupaten Karangasem Tahun 2024. Menjaga konsistensi perencanaan dan penganggaran, maka dalam melaksanakan proses perencanaan dan penganggaran agar mengakomodir kepentingan publik, bebas intervensi pihak luar. terakhir, melakukan inovasi-inovasi khususnya dalam pelayanan publik serta mampu mencari sumber-sumber pendanaan lainnya baik pada level provinsi, pusat maupun melalui mekanisme skema kerjasama dengan badan usaha maupun masyarakat," katanya. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved