-->

Rabu, 25 Januari 2023

Gubernur Koster Sebut Karangasem Punya Peradaban Yang Kuat Dilihat Dari Kekayaan Tradisinya

 Gubernur Koster Sebut Karangasem Punya Peradaban Yang Kuat Dilihat Dari Kekayaan Tradisinya


BALIKINI.NET | KARANGASEM — Gubernur Bali I Wayan Koster Berkunjung ke Kabupaten Karangasem untuk mempresentasikan pencapaian pembangunan Bali dengan Implementasi visi yaitu "Bangun Sat Kerti loka Bali" melalui pola pembangunan semesta berencana menuju Bali era baru pada Rabu (25/1/2023). 

Acara yang digelar di Gedung MPP (Mall Pelayanan Publik) Karangasem ini dihadiri oleh Bupati Karangasem, Wakil Bupati dan seluruh jajaran Pemkab Karangasem serta undangan dan perwakilan dari masyarakat seperti Bendesa, Tokoh masyarakat, Penglingsir Puri, tokoh seniman, MDA, Kepala Sekolah, Perwakilan Siswa SMA dan lain-lain.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Koster memperkenalkan "44 Tonggak peradaban Penanda Bali Era Baru" pada masyarakat Karangasem. Dalam hal ini, menurut Gubernur Koster Kabupaten Karangasem mempunyai peradaban yang kuat dalam hal kebudayaan karena memiliki tradisi yang kuat. Contohnya ialah salah satu tarian yang ditampilkan dalam acara tersebut yakni Tari Gebug Ende, Tari Puspa Hredaya yang merupakan maskot Karangasem. "Kabupaten Karangasem mempunyai banyak tradisi dan unik menandakan bahwa Karangasem punya peradaban yang kuat dalam hal kebudayaan harus dibangkitkan kembali," katanya.

Menurut Gubernur Koster, konteks Karangasem dalam "44 Tonggak peradaban Penanda Bali Era Baru" harus sesuai dengan budaya yang ada di Karangasem, adat tradisi seni budaya peradaban lokal. Karangasem memiliki tradisi khas dan unik serta karakteristik alam yang unik dan ini yang harus dilestarikan dibangkitkan. Seperti buah lokal yang khasnya yakni Salak, garamnya yang berkualitas, produksi arak Karangasem yang terkenal bagus serta tanaman bunga Khas yang hanya ada di Kabupaten Karangasem yakni Bunga Kasna. "Karangasem memiliki karakteristik alam yang unik juga. Ini yang harus dijaga dan diberdayakan serta dipromosikan supaya dapat menjadi sumber penghidupan masyarakat," Tandasnya.

"Karangasem sendiri banyak menyimpan sesuatu yang istimewa menurut saya yang harus dibangkitkan sebagai sumber  nilai-nilai kehidupan maupun juga sumber perekonomian masyarakat," Sambungnya. Sementara, Gubernur Koster berharap agar Bupati Karangasem dapat membangun sumber daya lokal Karangasem, ia juga mengharapkan agar alam Karangasem tidak di eksploitasi secara berlebihan menjadi destinasi wisata agar tidak rusak karena Karangasem ini merupakan kekuatan spiritual yang baik jadi harus dijaga.

"Karena itu, harus ada perhatian dari provinsi ke depan dengan alokasi anggaran yang lebih memadai untuk menjadikan insentif pembangunan infrastruktur di Kabupaten Karangasem ini ini agar tatanan terjaga dengan baik," kata Gubernur Koster. 

Sementara, Bupati Karangasem I Gede Dana menyampaikan terimakasihnya kepada Gubernur Koster karena telah memperhatikan Kabupaten Karangasem sebegitu detail. "Kami sampaikan terimakasih, salah satunya untuk anggaran BKK dari provinsi yang diberikan untuk kami sudah kami gunakan untuk membangun Karangasem, salah satunya dibidang pembangunan infrastruktur seperti Pura, jembatan, tribun dan lainnya. Sebagian besar kami gunakan dari Dana BKK," katanya.(Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved