-->

Kamis, 26 Januari 2023

Sumardi Apresiasi Kegiatan Upacara Pitra Yadnya Pasemetonan Sira Arya Kanuruhan Di Kabupaten Karangasem

 Sumardi Apresiasi Kegiatan Upacara Pitra Yadnya Pasemetonan Sira Arya Kanuruhan Di Kabupaten Karangasem


BALIKINI.NET | KARANGASEM — Pasemetonan Sira Arya Kanuruhan menggelar upacara Nyekat Karang dan Nanceb Warung di Dusun Yeh Bunga, Desa Jungutan Karangasem pada Kamis (26/1/2023). Upacara ini merupakan rangkaian upacara Pitra Yadnya yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2023 mendatang.

Rangkaian kegiatan Ngaben Masal yang diikuti pasemetonan dari Kawitan Sira Arya Kanuruhan tersebut mendapat apresiasi dari lembaga Dewan, yakni Wakil Ketua DPRD kabupaten Karangasem, I Nengah Sumardi. Dimana pihaknya juga merupakan bagian dari Kawitan Pasemetonan Arya Kanuruhan dari desa Sibetan, Karangasem.

"Kami sangat apresiasi antusiasme para krama semeton, saya selaku lembaga dewan sangat mengapresiasi pelaksanaan upacara secara sistem gotong royong ini. Nah, karena sistem yang dilaksanakan inilah, saya pribadi selaku warga masyarakat yang juga melaksanakan kegiatan ini sangat apresiasi kepada semeton kami khususnya Pasemetonan Arya Kanuruhan,"ungkap Sumardi.

"Tetapi jangan hanya melihat dari sisi clan saja, di masyarakat sekarang juga sudah paham walaupun memang begitu, sifatnya nanti bekerja sama dengan lingkup Banjar lingkup Desa Adat, seperti yang selama ini sudah dilaksanakan. Kami selaku lembaga dewan sangat mengapresiasi sehingga ini bisa satu sisi menghemat biaya juga menghemat dari sisi anggaran yang dikeluarkan oleh masing-masing yang punya sawa termasuk juga dari sisi waktu dan tempat," Sambungnya.

Sementara Parawartaka Karya, I Wayan Geredeg yang juga selaku tokoh jempolan Pasemetonan Sira Arya Kanuruhan mengatakan jika upacara Ngaben ini sudah dilaksanakan kesekian kalinya atau rutin dilaksanakan. Pihaknya menjelaskan terkait anggaran yang dibutuhkan oleh masing-masing Sawa dalam pelaksanaan Ngaben Massal ini sedikit meningkat, peningkatannya sekitar Rp.2,5 juta rupiah persawa dari pelaksanaan Pitra Yadnya sebelumnya. Anggaran tersebut tidak hanya digunakan untuk upacara Pitra Yadnya saja, namun juga ada upacara Atma Wedana dan upacara Manusa Yadnya didalamnya seperti Metatah, meotonan, tigang bulanan dan lain sebagainya. "Saya kira sudah cukup membijaksanai kaitan dengan sharing saling bantu antara Semeton yang mampu dan yang kurang mampu, termasuk juga bantuan - bantuan dari luar, seperti bantuan fasilitas dari Tabanan dan lain sebagainya," Tandasnya.

"Mudah-mudahan nanti berjalan dengan baik, ini akan dimulai di tanggal 9 Juli 2023," sambungnya.

Tidak hanya diikuti oleh Pasemetonan Kawitan Sira Arya Kanuruhan yang berasal dari berbagai wilayah Kabupaten Karangasem, namun juga diikuti oleh Pasemetonan dari Kabupaten lain seperti Singaraja.

Terkait data kegiatan dijabarkan Panitia acara, Jro Mangku Nyoman Jati jika pertanggal hari ini (26/1/2023) peserta yang mengikuti ngaben masal ialah sebanyak 54 Dadya. Terdiri dari 119 Sawa Lanang dan 110 Sawa Istri total keseluruhan Sawa ialah 229. "Nah, dari sawa itu dibedakan lagi ada yang namanya Deha Teruna artinya yang meninggalnya sebelum dia kawin, Deha itu sebanyak 11 sawa, Teruna sebanyak 13 sawa. Kemudian ada mati yang tidak wajar karena meninggal yakni Salah Pati (seperti mati karena kecelakaan) sebanyak 4 Sawa dan Ngulah Pati (Mati bunuh diri) sebanyak 3 Sawa," terangnya. 

Perhari ini saja, ada sebanyak 1365 KK yang mengikuti Upacara tersebut, masing-masing terdiri dari 6 kecamatan yang ada di Karangasem yaitu Kecamatan Abang  Karangasem, Bebandem, Selat, Sidemen dan Manggis ditambahkan lagi dari Kabupaten Singaraja. Pendaftarannya sendiri masih dibuka hingga bulan Juli 2023 mendatang.

Pelaksanaan upacara ngaben itu, nantinya akan melibatkan Ida Pedanda dari 21 Tempat ngulapin ada di sebanyak 20 Pura Dalem, selanjutnya ada upacara Ngelungah sebanyak 65 Pangelungahan.

Sementara, Upacara Ngeroras diikuti oleh 6 Kecamatan di Kabupaten Karangasem dengan jumlah Name (Puspa Lingga) yang lanang sebanyak 172 Name dan perempuan sebanyak 172 sehingga total ada 344 Name. Pengikutnya terdiri dari 61 dadia dengan jumlah KK sebanyak 1613 KK. (Ami)


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved