-->

Minggu, 28 Oktober 2018

Tumpek Landep, Gubernur Wayan Koster Nedunang Keris di Jayasabha

Tumpek Landep, Gubernur  Wayan Koster Nedunang Keris di Jayasabha

Denpasar,Balikini.Net - Gubernur Bali Wayan Koster melakukan prosesi nedunang keris untuk diupacarai di Pura Penataran Kertha Saba serangkaian piodalan yang bertepatan dengan perayaan Tumpek Landep, Sabtu (27/10).

Dalam prosesi tersebut, Gubernur Bali didampingi Ny. Putri Suastini Koster dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati  mundut sarana upakara sebagai pengiring prosesi nedunang dan mendak keris. Selanjutnya, keris pusaka tersebut kalinggihang di Pura  Penataran Kertha Saba untuk diupacarai. 

Prosesi upacara dipuput oleh Ida Pedanda Istri Mayun dari Griya Beji Kawan, Tegal Denpasar tersebut berlangsung hikmat dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra dan Kepala OPD di lingkungan Pemprov  Bali. 

Rangkaian ritual piodalan juga diisi dengan Tari Rejang Renteng yang dipimpin langsung oleh Ibu Putri Suastini Koster serta tari Topeng Tua dan Topeng Sidakarya. Prosesi diakhiri dengan persembahyangan bersama dan nunas nasi yasa. 

Bagi umat Hindu, perayaan Tumpek Landep yang datang setiap 210 hari sekali pada Saniscara Kliwon Wuku Landep  ini bermakna menajamkan hati dan pikiran. Pada perayaan hari ini, umat Hindu melaksanakan sradha Bhakti untuk mempertajam hati dan pikiran agar dapat melaksanakan swadharma masing masing dengan lebih baik. *

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved