-->

Jumat, 24 September 2021

Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Akan Bawa Kain Gringsing Dari Desa Tenganan Pegringsingan Ke UNESCO

 Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Akan Bawa Kain Gringsing Dari Desa Tenganan Pegringsingan Ke UNESCO


BALI KINI ■ Menparekraf (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Sandiaga Uno secara langsung terjun ke Kecamatan Manggis pada Jumat (24/9/2021) untuk resmikan Desa Tenganan Pegringsingan yang masuk menjadi 50 Desa Wisata terbaik tingkat nasional. 

Sandiaga Uno yang didampingi Bupati Karangasem I Gede Dana sepakat jika hal ini akan dapat menstabilkan perkonomian bidang pariwisata di masa mendatang, khususnya di Bali dan Kabupaten Karangasem. 

Salah satu yang terkenal di Desa Wisata Tenganan Pegringsingan ialah kain tenunnya, yakni Kain Gringsing. Dimana kain ini merupakan tenun tradisional yang dibuat menggunakan teknik dobel ikat dan memerlukan waktu 2-5 tahun masa pembuatan. Kain ini bahkan ada yang berusia ratusan tahun, biasanya dipakai untuk upacara khusus di Desa Tenganan sendiri. 

Melihat hal spesial ini, tentu saja menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mendongkrak perekonomian Kabupaten Karangasem pada khususnya. Sandiaga Uno pun mengaku akan memperkenalkan kain ini pada Dunia, dengan harapan dapat membantu pemasaran Kain Gringsing yang saat ini masih sangat lesu di pasaran hingga membuat para pengrajin mengeluh. 

"Untuk kedepannya pihak kita akan mendaftarkan Kain Gringsing ke UNESCO," ujarnya.

Selain itu, menanggapi keluhan pengrajin Kain Gringsing, Sandiaga Uno juga memesan 120 lembar Kain Gringsing. 

"Pesanan sebanyak itu akan mampu menyerap sebanyak 400 pengrajin di Desa Tenganan ini. Karena pembuatan Kain Gringsing membutuhkan waktu yang cukup lama terutama pada pewarnaan karena untuk mewarnai benang masih menggunakan alat tradisional waktunya sekitar 1 tahun untuk pewarnaan benang saja. Selain itu karena pembuatan Kain Gringsing hanya ada 3 di dunia yaitu di Jepang, India dan di Tenganan (Indonesia), " Ujarnya. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved