-->

Senin, 17 Januari 2022

Dandim Tabanan Pimpin Upacara 17 dimasa pandemi Bulan Pertama Tahun 2022

 Dandim Tabanan Pimpin Upacara 17 dimasa pandemi Bulan Pertama Tahun 2022


Tabanan, Bali Kini -
Upacara 17 setiap bulannya kembali dilaksanakan oleh Jajaran TNI seperti yang dilaksanakan oleh Kodim 1619/Tabanan pada Upacara Perdana di masa pandemi covid-19 pada Senin (17/1/2022)


Upacara yang dilaksanakan setiap tanggal 17 tiap bulannya ini kembali dilaksanakan setelah sempat ditiadakan  karena merebaknya kasus covid-19  di tanah air.


Kegiatan Upacara dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 1619/Tabanan Letnan Kolonel Infanteri Ferry Adianto S.IP di Makodim 1619/Tabanan jalan katamso no 2  Banjar Dangin Carik Desa Dajan Peken Kecamatan Tabanan Kabupaten Tabanan.


Petugas Upacara yang dilibatkan antara lain Dandim 1619/ Tabanan Letkol inf Ferry Adianto S.I.P Selaku Inspekur Upacara, Komandan Upacara Pgs Pasi Intel Letda Inf I Wayan Riyasa, Perwira Upacara Pasi Pers Kapten Inf I Wayan Supardi, Pembaca UUD 1945 Serka Hartanto, Pengucap Sapta Marga Koptu I Made Mas Sukrayasa, Pembaca Panca Prasetya Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri) PNS Putu Pande Wiratma. Sedangkan Petugas Pengibar Bendera Merah Putih Serka I Dewa Bayu Budi Utama, Sertu I Gst Ngurah Yudi Ardika dan Serda I Putu Alit Sukariasa.


Hadir sebagai Peserta Upacara Kasdim 1619/ Tabanan Mayor Inf Dewa Putu Oka, Para Perwira Staf Kodim 1619/ Tabanan, Danramil jajaran Kodim 1619/Tabanan, 2 Peleton bersenjata anggota Bintara Tamtama Makodim 1619/ Tabanan dan Koramil Jajaran Kodim 1619/Tabanan serta 1 Peleton PNS Kodim 1619/Tabanan


Adapun inti rangkaian Upacara 17 an dilaksanakan dengan Mengibarkan Bendera Merah Putih, Mengheningkan Cipta, Pembacaan Teks Pancasila, Pembacaan UUD 1945, Pengucapan Sapta Marga dan Pembacaan Panca Prasetya Korpri dan dilanjutkan Pembacaan Amanat Kepala Staf Angkatan Darat oleh Inspektur Upacara.


Dalam amanatnya KSAD yang dibacakan Irup Dandim 1619/Tabanan diantaranya menyampaikan Sebagai insan hamba Tuhan yang beriman dan bertakwa, marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab pengabdian kita kepada masyarakat, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 


Pada kesempatan ini pula, selaku Kepala Staf Angkatan Darat, saya mengucapkan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tinginya atas kerja keras dan dedikasi yang ditunjukkan oleh seluruh prajurit dan PNS Angkatan Darat, karena sepanjang tahun 2021 yang lalu berbagai tugas yang diamanatkan oleh negara telah dapat kita Iaksanakan dengan baik.


Berbagai tugas seperti pengamanan perbatasan, penanggulangan bencana alam, termasuk penanganan pandemi Covid-19, tugas-tugas perbantuan lainnya telah menjadi bukti nyata pengabdian kita kepada bangsa dan negara. 


Pencapaian ini tentu harus dapat kita pertahankan dan tingkatkan di tahun ini, karena berbagai agenda yang bersifat nasional maupun internasional juga menuntut kesiapan TNI AD di tahun 2022 ini. 


Untuk menyambut tugas mulia tersebut. maka kesiapan operasional harus terus dipelihara. Disamping itu, program peningkatan profesionalisme prajurit TNI AD harus menjadi prioritas dalam tahun anggaran 2022. 


Meski banyak prestasi yang berhasil ditorehkan TNI AD pada tahun lalu, namun demikian masih terdapat berbagai kekurangan yang harus segera diperbaiki. Salah satunya adalah masih adanya berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh prajurit maupun PNS TNI AD. Hal ini harus menjadi koreksi kita bersama agar tidak terjadi kembali di masa mendatang. 


Sebagai akhir amanat KSAD menyampaikan beberapa penekanan sebagai pedoman bagi Prajurit dan PNS Angkatan Darat yaitu :

Pertama, Terus tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai Iandasan moral dalam setiap pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Kedua, Implementasikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI dimanapun bertugas dan berada. 

Ketiga, TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi. 

Keempat, Lakukan tindakan-tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan rakyat, agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat kepada TNI AD. 

Kelima, Kepada seluruh Dansat, jadilah Pemimpin yang hebat, karena pemimpin yang hebat pasti dicintai anak buahnya, akan tetapi lebih hebat lagi bila seorang pemimpin juga mencintai anak buahnya. 

Keenam, Mantapkan soliditas dan sinergitas internal TNI dengan komponen bangsa lainnya dalam pengabdian kepada bangsa dan negara. 

Ketujuh, lngat!!! “Sekecil apapun kebaikan yang kamu lakukan, akan menjadi riak-riak yang tidak berujung, Namun sebaliknya, sekecil apapun keburukan yang kamu Iakukan akan menjadi awal bagi keburukan-keburukan berikutnya. Jadi teruslah berbuat kebaikan dimanapun berada".[rl/2]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved