-->

Selasa, 16 Agustus 2022

Dewan DPRD Provinsi Bali Cerna Pidato Gubernur Terkait Covid 19

  Dewan DPRD Provinsi Bali Cerna Pidato Gubernur Terkait Covid 19


BALIKINI.NET | BALI — Pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia, sejak pertama kali muncul di Bali pada tanggal 10 Maret 2020, telah dapat dikelola dengan sangat baik. Pandemi COVID-19 di Bali terus menurun dan sudah stabil, ditandai dengan menurunnya kasus baru, tingginya tingkat kesembuhan, menurunnya pasien yang dirawat di Rumah Sakit, dan tingkat kematian mendekati nol. 

Pencapaian yang sangat baik ini merupakan keberhasilan membangun kekebalan tubuh masyarakat melalui vaksinasi yang sudah sangat tinggi, yaitu vaksinasi ke-1 mencapai 105%, vaksinasi ke-2 mencapai 97%, dan vaksinasi ke-3 (booster) sudah mencapai 78%. Provinsi Bali masuk kategori terbaik dalam penanganan Pandemi COVID-19, tercepat dalam pencapaian vaksinasi, dengan vaksinasi booster tertinggi di Indonesia. 

Atas pencapaian yang sangat baik ini, selaku Gubernur, Titiang menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua unsur Satgas Penanganan COVID-19 yang telah bekerja keras secara bersama-sama, kepada pengelola Layanan Kesehatan dan para tenaga kesehatan yang telah bekerja tanpa lelah dan penuh resiko, berdedikasi kemanusiaan dalam menangani pasien COVID-19.

Juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah dengan tertib, disiplin, dan penuh rasa tanggung jawab mengikuti ketentuan protokol kesehatan COVID-19 selama masa pandemi. Sejalan dengan membaiknya kondisi Pandemi COVID-19 dan tingginya pencapaian vaksinasi di Bali, sebagai Gubernur, Titiang telah mengambil langkah berani meyakinkan Pemerintah Pusat, agar Bali diberikan kelonggaran bagi wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik untuk berkunjung ke Bali tanpa karantina mulai tanggal 7 Maret 2022. 

Sejak saat itu, kunjungan wisatawan ke Bali terus mengalami peningkatan ditandai dengan; saat ini, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali sudah mencapai di atas 9.000 orang kedatangan setiap hari, jumlah penerbangan internasional ke Bali terus meningkat, saat ini sudah mencapai 23 maskapai dari berbagai negara wisatawan domestik yang berkunjung ke Bali sudah mencapai di atas 10.000 orang kedatangan setiap hari melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. 

Peningkatan kunjungan wisatawan ke Bali, secara langsung berdampak pada kenaikan hunian hotel,  restoran semakin ramai, jalan mulai padat, dan objek wisata telah semarak kembali. Secara makro, pertumbuhan ekonomi Bali bangkit dari keterpurukan, ditandai dengan: tahun 2022, triwulan kedua ekonomi Bali telah tumbuh positif mencapai 3,04%, meningkat dari triwulan pertama tumbuh positif sebesar 1,46%.

Sedangkan pada tahun 2021 ekonomi Bali tumbuh negatif (kontraksi) mencapai -2,47%, namun sudah lebih baik dibanding tahun 2020 dengan tumbuh negatif (kontraksi) paling dalam yaitu sebesar -9,31%.

Pertumbuhan ekonomi Bali yang positif ini bertitik tolak dari kunjungan wisatawan ke Bali, khususnya wisatawan mancanegara yang sudah mencapai lebih dari 50% dibanding situasi normal sebelum Pandemi COVID-19. 

Pencapaian ini lebih cepat dari target yang direncanakan sebesar 40% pada bulanDesember 2022. Sebagai Gubernur yang memimpin langsung pembangunan Bali. 

"Titiang mengapresiasi setinggi-tingginya atas seluruh inisiatif, partisipasi, dukungan, sinergi, kolaborasi, dan rasa militan masyarakat Bali melalui berbagai bentuk aktivitas untuk mewujudkan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali dalam Bali Era Baru, yaitu: Bali yang kawista, Bali yang kang tata-titi tentram kertha raharja, Bali yang gemah ripah loh jinawi," Sebut Gubernur Koster.

Dirinya juga mengajak Sameton Krama Bali agar tetap kompak, guyub, bersatu, gilik-saguluk, parasparo, salunglung sabayantaka, sarpana ya, se-ia sekata, seiring sejalan, bekerja sama dengan sama-sama bekerja, gotong-royong, pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama.

"Perjuangan bantu-binantu bersama, amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua sebagaimana wejangan Yang Mulia Bapak Bung Karno, Proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia," tegas Gubernur.

Dengan spirit kuat ini Titiang mengajak Sameton Krama Bali sareng sami dengan tertib, disiplin, dan penuh rasa tanggung jawab melaksanakan dan menyukseskan semua kebijakan dan program Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali dalam Bali Era Baru, yang akan diwariskan dan didedikasikan untuk generasi Bali dimasa yang akan datang.

"Ketua, Wakil Ketua, Anggota DPRD Provinsi Bali, miwah Atiti sareng sami, Titiang ngaturang rasa suksmaning manah, majeng ring Ketua, Wakil Ketua, Anggota DPRD Provinsi Bali, miwah Sameton Krama Bali sami ring dija ugi magenah, antuk kaledangan druwene sampun prasida nyarengin ngaremba miwah bergotong-royong sajeroning maridabdabin pawangunan BALI ERA BARU. DIRGAHAYU, HARI JADI KE-64 PROVINSI BALI!" Tutup Koster.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved