Jaya Negara Buka Semarak Budaya Kesiman Kertalangu - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Sabtu, 24 Maret 2018

Jaya Negara Buka Semarak Budaya Kesiman Kertalangu

Denpasar,Balikini.Net -  Desa Kesiman Kertalangu gelar kegiatan bertajuk “Semarak Budaya Kesiman Kertalangu” yang dibuka Plt. Walikota Denpasar  IGN. Jaya Negara ditandai dengan pemukulan gong bertempat di Monumen Gong Perdamaian Dunia Desa Kesiman Kertalangun pada Jumat (23/3) malam.     

Serangkaian kegiatan Lomba Kreatifitas Ogoh-ogoh yang sudah dilaksanakan pada malam pengerupukan menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Baru Caka 1940 di Catus Pata Tohpati serta guna menyediakan tempat atau wadah bagi para pedagang-pedagang lokal agar ekonomi kreatif dapat tumbuh dengan baik di masyarakat khususnya di Desa Kesiman Kertalangu dan menumbuh kembangkan seni budaya pada anak-anak usia dini hingga lansia , Desa Kesiman Kertalangu untuk kedua kalinya menyelenggarakan kegiatan pentas budaya yang dirangkai melalui pameran kuliner dan festival.

“Ini merupakan salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat yang harus terus di dukung oleh seluruh komponen masyarakat, dimana potensi-potensi yang ada khusunya di Desa Kesiman Kertalangu ini harus terus digali baik dari budaya, kuliner dan kesenian yang ada dengan  memberikan ruang untuk mereka mengeskplorasi dan berkreasi dalam kreatifitasnya masing-masing,” ujar Plt. Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara ditemui di sela-sela kegiatan.

Dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat bisa saling mengenal dan bertukar pikiran serta masyarakat tau apa saja yang dihasilkan oleh Desa dan mendorong menjadi masyarakat aktif yang mempunyai daya saing didalam membangkitkan pembangunan perekonomian lokal.

"Kami berharap kegiatan ini untuk terus bekelanjutan karena ini merupakan kegiatan yang sangat baik di dalam menigkatkan pertumbuhan dan kemajuan ekonomi di daerah. Pemerintah Kota Denpasar akan terus mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini, yang tidak lupa juga harus ada dorongan dari seluruh komponen masyarakat" ujar Jaya Negara.

Menurut Perbekel Desa Kesiman Kertalangu, I Made Suena, tujuan diadakannya acara ini yakni ikut mengeksiskan kembali budaya di Desa Budaya Kesiman Kertalangu ini sebagaimana pernah berjaya pada tahun 2008 silam.

"Dulu Desa Budaya Kertalangu pernah menjadi ikon kota Denpasar. Kita berharap Desa Budaya Kertalangu ini bukan saja punya nama yang besar tetapi benar-benar bermanfaat bagi Desa Budaya Kertalangu kedepannya," jelasnya.

Sementara Ketua Panitia, I Made Semara Putra menjelaskan acara tersebut merupakan rangkaian dari lomba ogoh-ogoh Desa Kesiman lalu yang bertujuan melestarikan seni budaya, menuangkan kreativitas juga dalam mendukung kegiatan adat dan agama.

"Sebagai contoh kegiatan, kita pentaskan pementasan gong gebyar anak-anak, gong gebyar wanita atau PKK, kreativitas grup musik dan band lokal serta berbagai acara hiburan yang tentunya sangat dinantikan masyarakat." ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini dimaksudkan mendongkrak perekonomian desa dengan menggabungkan kegiatan dengan pedagang, pameran kuliner dan festival. Adapun kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yakni mulai dari tanggal 23 Maret sampai dengan 25 Maret 2018. (Eka/r4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net