Menteri Asman Resmikan Mal Pelayanan Publik Karangasem - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Jumat, 22 Juni 2018

Menteri Asman Resmikan Mal Pelayanan Publik Karangasem

KARANGASEM , Balikini.Net -  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur  meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Karangasem, Bali, Jumat (22/06). Peresmian MPP Kabupaten Karangasem ini menjadi hadiah ulang tahun bagi masyarakat Karangasem, karena  dilakukan bertepatan dengan Hari Jadi ke-378 Kota Amlapura.

Kehadiran MPP kedua di Pulau Dewata ini menambah jumlah fasilitas pelayanan publik terintegrasi di tanah air. "Konsep mal ditawarkan sebagai solusi dari pelayanan terpadu yang saat ini belum terintegrasi antara pelayanan pusat dan daerah sekaligus pelayanan bisnis dalam satu tempat," ujar Menteri Asman Abnur.

Sebagaimana konsep mal,  warga masyarakat cukup  datang ke satu tempat untuk memenuhi semua keperluan, maka MPP pada prinsipnya adalah mengintegrasikan semua pelayanan publik yang  diperlukan masyarakat di satu tempat, baik yang diberikan oleh pusat maupun daerah. Bahkan ada sejumlah MPP yang menghadirkan pelayanan BUMN/D serta sektor swasta. 

MPP Karangasem ini berlokasi di Pusat Seni dan Kerajinan Tradisional  di Jl. Gajah Mada, Amlapura, Kabupaten Karangasem, merupakan MPP kedua di Bali setelah Denpasar yang diresmikan Februari lalu. MPP di Kabupaten paling timur Provinsi Bali ini memiliki 166 jenis layanan, yang terdiri dari 135 layanan dari OPD Kabupaten Karangasem dan 31 layanan dari Kementerian/Lembaga. Pelayanan yang tersedia antara lain pelayanan kependudukan, SKCK, PDAM, BPJS, dan lainnya.

Hingga tahun 2018, telah terbentuk enam MPP di Indonesia, yaitu Provinsi DKI Jakarta, Kota Surabaya, Kabupaten Banyuwangi, Kota Denpasar, Kota Bekasi, dan Kota Tomohon. Kini, menunggu waktu peresmian MPP Kota Batam. Banyaknya daerah yang membangun MPP menunjukkan semangat Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota di Indonesia untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di daerahnya masing-masing. "Hal itu menunjukkan niat serta usaha yang baik dari pemerintah untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat," ujarnya

Mantan Walikota Batam tersebut berpesan agar para ASN dalam hal ini Kabupaten Karangasem agar tidak mempersulit hak masyarakat. Para abdi negara diminta untuk selalu memberikan pelayanan terbaik serta selalu tersenyum, agar masyarakat merasa nyaman dan merasa dilayani dengan sepenuh hati. Hal penting lain yang harus dimiliki ASN ialah jiwa hospitality atau melayani dan memiliki jiwa enterpreunersip atau jiwa wirausaha.

Tidak lupa Menteri Asman juga mengingatkan agar apa yang telah dibuat oleh ASN Pemkab Karangasem terus dilanjutkan. Inovasi yang telah dibangun selama ini harus tetap dilanjutkan serta ditingkatkan agar terwujudnya perbaikan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Karangasem. 

“Jangan hanyut dengan kegiatan yang sifatnya rutinitas saja, dan tidak boleh terpaku pada zona nyaman, lakukan terus perubahan, ciptakan inovasi dalam hal pelayanan publik,” ujarnya.

Menteri Asman menyampaikan apresiasi kepada Bupati beserta segenap jajarannya dalam melakukan pembentukan dan pengembangan MPP. "Semoga manfaat pembentukan Mal Pelayanan Publik benar-benar dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Karangasem. Dan Selamat Hari Jadi ke 378 Kota Amlapura. Semoga bahagia masyarakatnya, sejahtera ekonominya, profesional aparaturnya, maju, dan unggul wilayahnya," pungkasnya.

Peresmian ini dihadiri Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumantri, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, Kapolres Karangasem I Gusti Ngurah Agung Ade Panji Anom, Staf Ahli Kementerian PANRB Bidang Budaya Kerja Teguh Widjinarko, Staf Khusus Menteri PANRB Bidang Politik Noviantika Nasution, Staf Khusus Menteri PANRB Bidang Komunikasi Strategis Indra Gobel, dan seluruh OPD Kabupaten Karangasem. (rls/r3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net