-->

Sabtu, 11 Desember 2021

Sediakan Ruang Bagi Generasi Muda Untuk Tetap Lestarikan Adat Dan Budaya Melalui Lomba Rindik

 Sediakan Ruang Bagi Generasi Muda Untuk Tetap Lestarikan Adat Dan Budaya Melalui Lomba Rindik


Karangasem, Bali Kini –
Masa pandemi Covid-19 tak menjadi halangan bagi Dinas Kebudayaan Kabupaten Karangasem untuk tetap memberi ruang bagi generasi muda dalam melestarikan adat dan budaya, salah satunya melalui musik tradisional yakni Rindik tentu saja digelar secara virtual, guna menghindari kerumunan.


Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Karangasem, I Wayan Astika mengatakan jika lomba ini merupakan apresiasi pemerintah bagi generasi muda. "Kami memberi ruang bagi generasi muda untuk tetap beraktivitas. Disamping itu gelaran lomba ini juga sebagai apresiasi dalam partisipasi untuk membangun seni budaya sebagai mana misi pemerintah dalam membangun bidang sosial ekonomi serta seni dan budaya yang komprehensif dan berkelanjutan, " Ujar Astika, Sabtu (11/12/2021). 


Lomba Rindik Virtual ini bertajuk "Yowana Sanchita (EKSPRESI GENERASI MUDA) CERDAS, TERAMPIL, KREATIF, KOMPETITIF MERAIH PRESTASI" Dimana peserta wajib menyajikan Rindik dalam bentuk video daj dikumpulkan ditanggal 17-19 Desember 2021.  Peserta harus berdomisili di kabupaten Karangasem berusia 17-25 tahun. Jumlah peserta maksimal 3 ORANG (2 orang pemain rindik dan 1 orang pemain suling) dan wajib mengenakan pakaian adat. Disamping itu ada syarat khusus yakni dalam pengambilan video, peserta harus menyertakan sesajen sesuai kebutuhan. Minimal berupa Canang Sari dengan Tatakan Dulang, sementara setting gamelan diatur oleh masing-masing peserta.


Sementara kriteria penilaian yakni; Bentuk (struktur lagu pokok), teknik (gegebug, tetekes, polos sangsih, ngumbang ngisep,ngundir),penjiwaan (ekspresi, gaya sesuai karakter lagu) serta penampilan (kostum, fisik & suara Iistrumen).(Ami)



Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved