-->

Selasa, 18 Januari 2022

Peringatan Tumpek Uye di Jembrana dipusatkan di Bendungan Palasari

  Peringatan  Tumpek Uye di Jembrana dipusatkan di Bendungan Palasari


JEMBRANA, Bali Kini -  Pemkab Jembrana menyiapkan Bendungan Palasari sebagai tempat peringatan Tumpek Uye ( tumpek kandang ) . Peringatan tumpek uye itu sesuai arahan gubernur Bali terkait Perayaan Tumpek Uye yang dimaksudkan untuk sebagai bentuk pemuliaan wewalungan/hewan. 

Guna memantapkan pelaksanaan Perayaan Tumpek Uye  di Jembrana, Sekda Jembrana, Drs. I Made Budiasa.,M.Si didampingi Asisten Pemerintahan dan Pemasyarakatan Setda Kabupaten Jembrana, Drs. I Nengah Ledang  memimpin rapat pelaksanaan Tumpek Uye pada Selasa (18/1) bertempat di Ruang Rapat Lantai 3 Kantor Bupati Jembrana.

Rencananya , perayaan Tumpek Uye dengan upacara Danu Kerthi yang jatuh pada Sabtu (29/1) akan dipusatkan di Bendungan Palasari, Desa Ekasari, Kecamatan Melaya.

Sekda Budiasa menjelaskan , rangkaian kegiatan meliputi, kegiatan Niskala diantaranya penyucian danau dan otonan sarwa wewalungan, persembahyangan tumpek uye . Sementara kegiatan Sekala berupa pelepasan 10 ribu ekor ikan ke Bendungan Palasari, pelepasan burung dan resik sampah di sekitar Bendungan.

“ Perayaan Tumpek Uye dengan Upacara Danu Kerthi ini juga dilaksanakan di masing-masing desa dan kelurahan, desa adat, keluarga, lembaga pendidikan, organisasi kemasyarakatan dan swasta serta masyarakat,” jelasnya. (hj)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved