-->

Senin, 20 Mei 2024

Komisi IV DPRD Kabupaten Karangasem Sidak Terhadap Pelayanan Pasien di RSUD Karangasem

Komisi  IV DPRD Kabupaten Karangasem  Sidak Terhadap Pelayanan Pasien di RSUD Karangasem


Karangasem, Bali Kini
- Komisi  IV DPRD Kabupaten Karangasem melaksanakan sidak ke RSUD Karangasem, Senin (20/5/2024). Dengan berjalan kaki dari kantor DPRD rombongan dewan langsung meninjau ruang UGD, memastikan pelayanan pasien di UGD utamanya yang menggunakan BPJS dilayani dengan baik sesuai dengan SOP. Rombongan dewan disambut oleh Kasi Pelayanan, Dr. I Komang Wirya.


Sidak dilakukan dewan dengan berkeliling ruang demi ruang di RSUD plat merah tersebut. Dewan juga langsung menanyakan terkait pelayanan ke para pasien. 


"2 tahun yang lalu kita sudah pernah ke sini untuk melakukan sidak, kita melakukan tracing dan hasilnya rumah sakit sudah berbenah. Contohnya, seperti ruangan toilet sudah bersih dan setelah kita tanya ke pasien ke ruangan-ruangan semua sudah luar biasa pelayanannya juga sudah bagus, toilet juga sudah bagus, sanitarynya bagus, higienis, masalah pelayanan BPJS juga sudah bagus sesuai SOPnya," Tandas Ketua Komisi IV DPRD Karangasem, I Wayan Rena. 


Sementara itu, terkait pasien yang harus mencari rujukan terdahulu di faskes yang jaraknya jauh, seperti diluar kabupaten, maka RSUD telah memberikan solusi dengan komunikasi yang baik dengan pihak BPJS. 


Tak hanya itu, terkait antrean Poliklinik yang membludak, mengingat padatnya pasien yang mendaftar, maka dewan menyarankan agar penataannya lebih lega. "Demi kenyamanan pasien maka perlu ditambahkan AC misalnya, kalau kipas angin sudah ada," Tandanya. 


Dewan juga bersuara terkait pengadaanalay CT-scan. "Dua tahun lalu kita bicara di sini terkait CT-scan, di pembahasan juga kita sudah buka. Harapan dari RSUD karena RS sendiri tidak bisa menganggarkan hal itu akibat biaya yang terlampau besar, kalo bisa di APBD di anggarkan, kita akan usulkan itu," Kata Rena. 


Dari hasil sidak yang dijalankan pelayanan dan fasilitas di RSUD Karangasem sudah bagus. Namun, Rena menekankan agar pelayanan atau dari segi SDM di RSUD dapat terus ditingkatkan dengan tidak menunda hak pegawai. 


"Evaluasi sebagian besar sudah bagus, tetapi dari segi pelayanan, yang linier dengan jaspel jika hak seseorang di tunda, itu akan berdampak pada pelayanan. Tapi sekarang dengan kita turun ke rumah sakit ini kita lihat jasa pelayanan di sini sudah dibayarkan setiap bulan. Itu salah satu bukti keseriusan rumah sakit untuk berbenah. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved